Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah Beberapa Keutamaan Kalimat Tauhid: Bisa Melindungi Kita dari Api Neraka

Tuesday, July 30, 2024 | July 30, 2024 WIB
Inilah Beberapa Keutamaan Kalimat Tauhid: Bisa Melindungi Kita dari Api Neraka


Langgam Pos - Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abi Ishak dari al-Agharr Abi Muslim, disebutkan bahwa Abu Hurairah dan Abu Sa'id al-Khudri menyaksikan Rasulullah SAW bersabda mengenai kalimat tauhid. Sabda tersebut menegaskan betapa pentingnya kalimat "La ilaha illallah" (Tiada Tuhan selain Allah) dalam keimanan seorang Muslim. Berikut adalah penjelasan tentang beberapa variasi dari kalimat tauhid beserta keutamaan dan maknanya:

1. "La ilaha illallah, wallahu akbar" – Kalimat ini berarti "Tiada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar". Dalam hadis, Allah berfirman bahwa jika seorang hamba mengucapkan kalimat ini, maka dia telah benar dalam pengakuannya bahwa hanya Allah yang berhak disembah dan Dia Maha Besar.

2. "La ilaha illallah wahdahu" – Ini berarti "Tiada Tuhan selain Allah yang Tunggal". Dalam konteks ini, Allah berfirman bahwa hamba-Nya telah benar dalam mengakui keesaan-Nya sebagai Tuhan yang Maha Tunggal.

3. "La ilaha illallah wahdahu la sharika lahu" – Kalimat ini berarti "Tiada Tuhan selain Allah yang Tunggal, tanpa sekutu". Allah berfirman bahwa hamba-Nya telah benar dalam keyakinan bahwa tidak ada sekutu bagi-Nya.

4. "La ilaha illallah, lahu al-mulku wa lahu al-hamdu" – Ini berarti "Tiada Tuhan selain Allah, milik-Nya kerajaan dan segala puji". Allah menyatakan bahwa hamba-Nya telah benar dalam pengakuannya bahwa Allah adalah Pemilik segala kerajaan dan segala puji.

5. "La ilaha illallah, la hawla wa la quwwata illa billah" – Kalimat ini berarti "Tiada Tuhan selain Allah, dan tidak ada daya serta kekuatan kecuali dengan (kekuatan) Allah". Dalam hal ini, Allah berfirman bahwa hamba-Nya benar dalam mengakui ketergantungan total kepada kekuatan-Nya.

Abu Ishak juga menyebutkan bahwa barangsiapa yang meninggal dengan kalimat-kalimat tauhid ini diucapkan dalam hidupnya, api neraka tidak akan menyentuhnya. Ini menunjukkan betapa mulianya kalimat tauhid dan bagaimana ia dapat menjadi perlindungan bagi seorang Muslim dari siksa neraka.



(*)









Tags: keutamaan kalimat tauhid,  kalimat tauhid, keutamaan, tauhid, laa ilaa hailallah, info islami masakini, info bermanfaat, info islami
close