Notification

×

Iklan

Iklan

Keberkahan Dzikir: Hadits tentang Malaikat yang Berkeliling Mencari Kaum yang Berdzikir

Tuesday, July 30, 2024 | July 30, 2024 WIB
Keberkahan Dzikir: Hadits tentang Malaikat yang Berkeliling Mencari Kaum yang Berdzikir



Langgam Pos - Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah dan Abu Sa'id al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda tentang malaikat yang memiliki tugas istimewa. Malaikat-malaikat ini tidak bertugas mencatat amal perbuatan manusia, melainkan mereka berkeliling di bumi untuk mencari kaum yang sedang berdzikir kepada Allah. Ketika mereka menemukan kelompok orang yang sedang berdzikir, mereka segera menyeru: “Kemari, penuhi kebutuhan kalian!”

Setelah malaikat-malaikat ini mengelilingi kaum yang berdzikir dan membawa mereka menuju langit dunia, Allah SWT bertanya kepada malaikat: “Dalam keadaan apa kalian meninggalkan hamba-hamba-Ku?” Malaikat menjawab bahwa mereka meninggalkan hamba-hamba Allah dalam keadaan memuji, mengagungkan, dan mengingat-Nya. Allah kemudian bertanya: “Apakah mereka melihat-Ku?” Malaikat menjawab tidak, dan Allah berfirman: “Bagaimana jika mereka melihat-Ku?”

Malaikat menjawab bahwa jika hamba-hamba Allah melihat-Nya, mereka pasti akan lebih giat lagi dalam memuji, mengagungkan, dan berdzikir. Allah kemudian bertanya apa yang mereka minta. Malaikat menjawab bahwa mereka meminta surga. Allah bertanya apakah mereka sudah melihatnya, dan malaikat menjawab belum. Allah berfirman bahwa jika mereka melihat surga, mereka pasti akan lebih antusias dalam memintanya.

Selanjutnya, Allah bertanya tentang perlindungan dari neraka. Malaikat menjawab bahwa mereka meminta perlindungan dari neraka, dan jika mereka melihat neraka, mereka pasti akan lebih takut dan benar-benar memohon perlindungan dari neraka. Allah lalu bersaksi bahwa Dia telah mengampuni mereka dan menegaskan bahwa kaum yang berkumpul untuk berdzikir tidak akan merugi, bahkan jika ada di antara mereka yang memiliki dosa.

Hadits ini menunjukkan betapa besar keberkahan dan nilai dari berdzikir kepada Allah serta betapa pentingnya keberadaan malaikat yang memonitor dan mengelilingi orang-orang yang taat. Dengan dzikir yang tulus, seseorang tidak hanya mendekatkan diri kepada Allah tetapi juga mendapat perhatian dan perlindungan-Nya.


(*)








Tags: zikir, dzikir, zikir pagi, zikir hari, dzikir hari, dzikir pagi, doa rezeki di pagi hari, penarik rezeki, amalan pembuka pintu rezeki, zikir pagi hari, dzikir rabu pagi, pelaris dagangan, rans, zikir pembuka pintu, dzikir pembuka rezeki, doa cepat kaya, doa pagi, dzikir pagi sesuai sunnah, dzikir memperlancar rezeki, dzikir membuka pintu rezeki, dzikir pagi pembukaan rezeki, lafadz doa, dzikir pagi pembuka pintu rezeki

close