Notification

×

Iklan

Iklan

Panduan Lengkap Memandikan Bayi Baru Lahir: Tips Aman dan Praktis

Thursday, July 25, 2024 | July 25, 2024 WIB
Panduan Lengkap Memandikan Bayi Baru Lahir: Tips Aman dan Praktis


Langgam Pos - Memandikan bayi baru lahir memerlukan perhatian ekstra untuk menghindari kerusakan kulit dan risiko infeksi. Berikut adalah lima hal penting yang perlu diperhatikan menurut Dr. Attila Dewanti Poerboyo, Sp.A (K), Dokter Spesialis Anak di RS Brawijaya Antasari Jakarta.

1. Pastikan Kondisi Bayi Bugar

Orangtua bisa mulai memandikan bayi sejak lahir asalkan bayi dalam kondisi bugar. Tanda-tandanya adalah bayi menangis dengan kuat dan merasa lapar setiap satu jam untuk minum ASI. Pada hari ketiga setelah kelahiran, bayi biasanya minum ASI setiap dua hingga tiga jam sekali.

2. Mandikan Setiap Hari

Bayi baru lahir boleh dimandikan setiap hari, namun durasinya tidak perlu lama seperti orang dewasa. "Mandikan bayi setiap hari sekali, tapi jangan lama karena kulitnya sangat tipis," kata Dr. Attila. Mandi celup atau memandikan bayi hanya beberapa saat adalah metode yang disarankan.

3. Perhatikan Suhu Air

Suhu air untuk memandikan bayi baru lahir harus tepat, tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Air hangat pun tidak disarankan karena dapat menipiskan lapisan epidermis kulit bayi yang sensitif. "Gunakan air dengan suhu ruangan saja," saran Dr. Attila.

4. Gunakan Handuk Katun

Pilih handuk 100% katun untuk mengeringkan tubuh bayi. Handuk katun mudah menyerap air sehingga tidak ada sisa air yang bisa menyebabkan iritasi atau kulit kemerahan, terutama di area leher.

5. Pakai Produk Khusus Bayi Baru Lahir

Hanya gunakan produk yang diformulasikan khusus untuk bayi baru lahir, seperti sampo, sabun, pelembap, minyak telon, dan hair lotion. Pastikan produk tersebut aman dan orangtua tidak memiliki alergi terhadap bahan yang digunakan.

Dengan memperhatikan kelima hal ini, Anda dapat memastikan pengalaman mandi yang aman dan nyaman bagi bayi baru lahir.


(*)









Tags: cara memandikan bayi,cara memandikan bayi baru lahir,cara memandikan bayi baru lahir yang baik dan benar,perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli,cara memandikan bayi yang baik dan benar,perawatan bayi baru lahir,cara memandikan bayi yang baru lahir,tips mandikan bayi baru lahir,memandikan bayi baru lahir,cara memandikan bayi yang benar,bayi baru lahir,cara memandikan bayi menggunakan baby bather,memandikan bayi baru lahir bagi pemula