Notification

×

Iklan

Iklan

Upacara HUT ke-79 RI di IKN: Megawati dan SBY Diundang, Jokowi Sidang Kabinet Perdana Pekan Depan

Wednesday, July 31, 2024 | July 31, 2024 WIB
Upacara HUT ke-79 RI di IKN: Megawati dan SBY Diundang, Jokowi Sidang Kabinet Perdana Pekan Depan


Langgam Pos - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024. Dalam perayaan ini, Presiden kelima Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga akan diundang untuk turut serta dalam upacara yang berlangsung di IKN.

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, mengungkapkan bahwa undangan telah disiapkan untuk mantan presiden dan wakil presiden tersebut. "Kami merencanakan undangan untuk upacara di IKN bersama Bapak Presiden. Namun, jika mereka tidak bisa hadir di IKN, mereka tetap akan diundang untuk upacara di Halaman Istana Merdeka Jakarta," ujar Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis (1/8/2024).

Pratikno juga menambahkan bahwa upacara HUT ke-79 RI akan berlangsung di dua lokasi: IKN dan Istana Merdeka Jakarta. Upacara di IKN akan dimulai pukul 11.00 WITA, sedangkan di Istana Merdeka Jakarta pukul 10.00 WIB. "Upacara militer akan dilaksanakan di IKN dengan Presiden sebagai inspektur upacara, sedangkan acara di Istana Merdeka Jakarta akan mengikuti tata upacara militer yang sama," jelasnya.

Selain itu, prosesi penurunan bendera Sang Merah Putih dan kirab pengiriman duplikat bendera pusaka serta naskah proklamasi dari Monas ke IKN juga akan dilaksanakan. "Mari kita rayakan bulan kemerdekaan ini dengan meriah," ajak Pratikno.

Sementara itu, pekan depan akan menjadi momen penting bagi pemerintah, karena sejumlah menteri akan menghadiri sidang kabinet perdana di IKN. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, telah mengonfirmasi keberangkatannya ke IKN pada minggu depan. "Saya akan pergi ke IKN minggu depan," ujarnya di JCC Senayan, Jakarta.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, juga merencanakan kunjungan ke IKN pada 11 Agustus 2024. "Saya akan kembali ke IKN pada tanggal 11 Agustus untuk sidang kabinet yang dijadwalkan pada tanggal 12 Agustus," ungkapnya.

Presiden Jokowi sebelumnya mengungkapkan bahwa sidang kabinet perdana di IKN akan menunggu kepulangan para menteri yang masih berada di luar negeri. "Kami ingin menunggu semua menteri yang sedang tugas di luar negeri agar semuanya bisa hadir di tanah air," jelas Jokowi dalam kunjungannya ke IKN pada 28 Juli 2024.

Dengan berbagai persiapan ini, peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN diharapkan menjadi momen bersejarah dan berkesan bagi seluruh rakyat Indonesia.


(*)








Source: 1




Tags: upacara hut ke-79 ri, hut ke-79 ri 2024, upacara 17 agustus di ikn, upacara hut ri di ikn, persiapan ikn jelang hut ke-79 ri, persiapan upacara 17 agustus di ikn, hut ke-79 ri di ikn, hut ri, upacara 17 agustus, berita video, ikn, media, prabowo subianto, ibu kota nusantara
close