Notification

×

Iklan

Iklan

Jalan Tol Baru Jokowi: Akses Medan-Danau Toba Lebih Cepat dan Lancar

Tuesday, September 10, 2024 | September 10, 2024 WIB
Jalan Tol Baru Jokowi: Akses Medan-Danau Toba Lebih Cepat dan Lancar


Langgampos.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan dua ruas jalan tol baru yang menghubungkan Stabat-Tanjung Pura dan Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat. Proyek monumental ini memerlukan investasi sebesar Rp 17,6 triliun.

"Alhamdulillah, hari ini kami meresmikan ruas tol Binjai-Langsa seksi 2 dari Stabat-Tanjung Pura sepanjang 26,2 km dengan biaya Rp 11,6 triliun, serta ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 3 dan 4 sepanjang 45,6 km dengan biaya Rp 6 triliun," ujar Jokowi saat acara peresmian di Simalungun, sebagaimana disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (10/9/2024).

Menurut Jokowi, kedua ruas tol ini adalah bagian dari proyek tol Trans Sumatera yang direncanakan sepanjang 2.994 km. Ia menargetkan hingga akhir tahun ini, tol Trans Sumatera akan mencapai 1.100 km.

"Jalan tol ini merupakan bagian penting dari jaringan tol Trans Sumatera yang sepanjang 2.994 km. Kami harapkan, hingga akhir tahun ini, tol Sumatera bisa mencapai 1.100 km. Untuk ruas ini, hanya tersisa 40 km lagi menuju Parapat di Danau Toba," tambah Jokowi.

Dulunya perjalanan dari Medan ke Parapat memakan waktu 3,5 hingga 4 jam, kini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Jokowi berharap, dengan adanya jalan tol ini, pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar akan semakin pesat. Sistem logistik dan mobilitas orang diharapkan menjadi lebih cepat dan efisien.

"Jalan tol ini akan menjadi katalis bagi pertumbuhan ekonomi baru di koridor Binjai-Langsa dan Tebing Tinggi-Parapat. Selain itu, daya saing daerah akan meningkat dan sistem logistik serta mobilitas barang dan orang akan semakin cepat, memungkinkan kita bersaing lebih baik dengan negara lain," pungkasnya.


(*)
close