Notification

×

Iklan

Iklan

Jokowi Siap Tawarkan 493 Bidang Tanah di IKN untuk Investor Minggu Depan

Friday, September 13, 2024 | September 13, 2024 WIB
Jokowi Siap Tawarkan 493 Bidang Tanah di IKN untuk Investor Minggu Depan


Langgampos.com - Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa pekan depan akan ada 493 bidang tanah dengan luas antara 2 hingga 4 hektare di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, yang siap ditawarkan kepada investor swasta. Informasi ini disampaikan Jokowi setelah menerima laporan dari Pelaksana tugas Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono, dan Plt Wakil Kepala OIKN, Raja Juli Antoni.

“Saya baru saja mendapatkan laporan bahwa sudah disiapkan 493 bidang tanah di IKN, masing-masing dengan ukuran 2 hingga 4 hektare, yang akan kami tawarkan untuk investasi,” kata Jokowi dalam acara Peresmian Hotel Nusantara Swissotel dan Groundbreaking Mall Duty Free di IKN, Jumat (13/7/2024), sebagaimana dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi menegaskan bahwa penawaran tanah ini bertujuan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada investor swasta. Ia menjelaskan bahwa penggunaan tanah bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti untuk perdagangan, perkantoran, atau hotel.

“Peluang ini terbuka lebar untuk berbagai jenis investasi, baik itu untuk perdagangan, kantor, atau hotel. Kami ingin memberikan fleksibilitas kepada para investor sesuai dengan kebutuhan mereka,” ungkap Jokowi.

Presiden juga memastikan bahwa ratusan bidang tanah tersebut akan resmi dibuka untuk penawaran mulai pekan depan. “Jika 493 bidang tanah ini belum mencukupi, kami akan siap menawarkan lebih banyak lagi melalui konsorsium,” tambahnya.

Jokowi Terpesona Pembangunan Hotel Bintang 5 di IKN dalam 9 Bulan

Jokowi sebelumnya juga mengungkapkan kekagumannya terhadap pembangunan Hotel Nusantara Swissotel, yang dikerjakan oleh konsorsium milik Aguan. Ia terkesan dengan kecepatan pembangunan hotel bintang lima ini, yang hanya memakan waktu 9 bulan untuk menyelesaikan 191 kamar.

“Saya sangat mengapresiasi pencapaian ini. Ketika konsorsium yang dipimpin Pak Aguan mengatakan bahwa hotel ini akan selesai sebelum Agustus, saya awalnya tidak percaya. Namun sekarang, saya bisa melihat hasilnya dengan mata kepala sendiri,” kata Jokowi dengan penuh kekaguman.

Jokowi menambahkan bahwa Aguan dan konsorsiumnya siap untuk menangani proyek lain yang membutuhkan penyelesaian cepat di IKN. “Jika ada proyek yang memerlukan penyelesaian cepat, berikan saja kepada kami, karena kami telah membuktikan kemampuan kami dalam menyelesaikan hotel bintang lima ini dalam waktu singkat,” tutup Jokowi.



(*)
close