pilkada

Iklan

Friday, October 18, 2024, October 18, 2024 WIB
Last Updated 2024-10-18T14:32:18Z
Techno

Mengapa Ada Tulisan VoLTE di Ponsel Anda? Ini Penjelasannya

Read To
Advertisement
Mengapa Ada Tulisan VoLTE di Ponsel Anda? Ini Penjelasannya


Langgampos.com - VoLTE, singkatan dari Voice over Long Term Evolution, adalah teknologi yang memungkinkan panggilan suara berkualitas HD melalui jaringan 4G LTE. Dengan menggunakan jaringan data, VoLTE memberikan pengalaman yang lebih baik dibandingkan teknologi sebelumnya, seperti 2G dan 3G. Keunggulan VoLTE meliputi panggilan yang lebih jernih, kemampuan melakukan panggilan video, bermain game online, serta menonton streaming tanpa terganggu meski sedang menerima telepon.

Sebelum adanya VoLTE, ketika Anda menerima panggilan suara, sinyal 4G di ponsel akan berubah menjadi 2G atau 3G, yang berarti akses internet terputus. Namun, dengan VoLTE, Anda bisa tetap terhubung ke internet selama menerima telepon. Misalnya, Anda bisa menelepon sambil menonton video di internet atau melakukan video call sambil browsing.

Mungkin Anda pernah melihat tulisan "VoLTE" di samping ikon sinyal di ponsel. Kehadiran tulisan ini menunjukkan bahwa ponsel dan jaringan operator yang Anda gunakan mendukung teknologi VoLTE. Sebaliknya, jika tulisan tersebut tidak muncul, artinya perangkat atau jaringan operator Anda belum mendukung layanan ini, dan panggilan suara masih mengandalkan jaringan 3G atau 2G.

Kualitas suara saat menggunakan jaringan 3G atau 2G mungkin tidak sebaik jika Anda menggunakan VoLTE, terutama saat sinyal tidak stabil. Operator seluler di Indonesia yang sudah mendukung layanan VoLTE antara lain Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, dan Smartfren.

Smartfren adalah operator pertama di Indonesia yang meluncurkan layanan VoLTE pada 2016. Menyusul beberapa tahun kemudian, Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata mulai mengadopsi teknologi ini pada 2020. Setiap operator memiliki syarat yang berbeda untuk dapat menikmati layanan VoLTE. Misalnya, Telkomsel mengharuskan penggunanya memiliki kartu SIM 4G, sementara Indosat Ooredoo hanya meminta agar ponsel pengguna mendukung jaringan 4G LTE.

Pengguna dapat mengecek cakupan jaringan VoLTE dari operator masing-masing melalui situs resmi mereka. Jika perangkat Anda mendukung VoLTE, Anda akan menikmati panggilan suara dan video berkualitas tinggi tanpa mengorbankan akses internet.



(*)
close